15 Makanan Khas Sumatra Utara yang Menggugah Selera

Sumatra Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang luar biasa.

Dengan beragam suku dan etnis yang tinggal di sana, provinsi ini menawarkan berbagai hidangan lezat yang sangat khas.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa makanan khas Sumatra Utara yang patut Anda coba jika berkunjung ke daerah ini. Apa saja? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Soto Medan

Soto Medan adalah salah satu hidangan yang paling terkenal di Sumatra Utara. Soto ini memiliki kuah yang kental dan gurih, disajikan dengan potongan daging sapi, tauge, dan kerupuk.

Rasanya yang kaya akan rempah-rempah membuatnya menjadi hidangan yang sangat nikmat.

2. Mie Gomak

Miegomak adalah hidangan mie khas Batak yang disajikan dengan kuah santan pedas dan daging sapi atau ikan. Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera.

3. Arsik

Arsik adalah hidangan daging sapi atau ikan yang dimasak dengan bumbu kunyit dan santan. Rasa pedas dan gurihnya sangat cocok dengan nasi. Hidangan ini sering dihidangkan pada acara-acara khusus.

4. Rendang Sapi

Rendang Sapi adalah hidangan khas Minangkabau yang juga populer di Sumatra Utara. Daging sapi dimasak dalam santan dan bumbu rempah-rempah hingga empuk dan beraroma. Rasanya yang kaya dan pedas membuatnya sangat terkenal di seluruh Indonesia.

5. Bika Ambon

BikaAmbon adalah kue tradisional Sumatra Utara yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula, dan telur. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

6. Saksang

Saksang adalah hidangan Batak yang terbuat dari daging babi atau anjing yang dimasak dengan darah dan berbagai bumbu rempah. Meskipun terdengar eksotis, rasanya sangat enak dan kaya akan cita rasa.

7. Mie Pangsit

Mie pangsit adalah hidangan mie yang disajikan dengan pangsit isi daging cincang. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan tauge.

8. Naniura

Naniura adalah hidangan ikan asap yang dimarinasi dengan bumbu asam. Biasanya menggunakan ikan mas atau ikan patin. Rasanya segar dan pedas, cocok untuk penggemar hidangan pedas.

9. Daun Ubi Tumbuk

Daun ubi tumbuk adalah hidangan khas Batak yang terbuat dari daun ubi yang direbus dan dihaluskan dengan bumbu pedas. Biasanya disajikan dengan nasi.

10. Gulai Kepala Kakap

Gulai kepala kakap adalah hidangan ikan yang dimasak dalam kuah santan beraroma rempah-rempah. Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya menjadi favorit banyak orang.

11. Ayam Napinadar

AyamNapinadar adalah hidangan ayam yang dimasak dengan bumbu kunyit dan kelapa parut. Rasanya yang kaya akan rempah sangat lezat.

12. Mie Balap Puyuh

Mie balap puyuh adalah hidangan mie yang disajikan dengan puyuh goreng dan kuah kental berbumbu. Hidangan ini sangat terkenal di Medan.

13. Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah kue lapis khas Sumatra Utara yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, gula, dan santan. Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok untuk camilan.

14. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk adalah sambal pedas khas Toba yang terbuat dari cabai dan bawang merah yang dihaluskan. Rasanya sangat pedas dan cocok untuk dinikmati bersama nasi.

15. Sambal Andaliman

Sambal andaliman adalah sambal khas Batak yang memiliki rasa pedas dan asam yang unik. Biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan Batak.

Itulah 15 makanan khas Sumatra Utara yang harus Anda coba jika berkunjung ke provinsi ini. Setiap hidangan memiliki cita rasa yang unik dan mewakili kekayaan budaya kuliner daerah ini. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Makanan Terkenal di Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba