10 Makanan Khas NTT yang Memikat Lidah

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman budaya dan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan sendiri dalam hal makanan dan minuman tradisional.

Salah satu daerah yang menawarkan ragam kuliner lezat adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), sebuah provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia.

Tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya, NTT juga terkenal dengan beragam hidangan khasnya yang menggugah selera.

Dalam artikel kali ini, kita akan menjelajahi 10 makanan khas NTT yang wajib Anda coba bila berkunjung ke daerah ini.

1. Ikan Bakar Rica-Rica

Salah satu makanan khas NTT yang tak boleh terlewatkan adalah ayam bakar rica-rica. Ayam bakar rica-rica menjadi hidangan yang populer di NTT. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas yang khas berkat penggunaan cabai hijau dan merah yang melimpah.

2. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan hidangan ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah khas NTT, seperti kunyit, kemiri, dan lengkuas. Ayam kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang. Rasa rempah yang meresap dalam daging ayam membuat hidangan ini istimewa.

3. Mie Goreng Sambal Matah

Mie goreng sambal matah adalah hidangan mie goreng khas NTT yang disajikan dengan sambal matah, yaitu sambal segar yang terbuat dari cabai, bawang merah, dan bawang putih yang dicampur dengan minyak kelapa.

Kombinasi antara pedas dan segar dari sambal matah membuat hidangan ini menjadi makanan khas NTT yang begitu lezat.

4. Sate Ikan Tuna

Sate ikan tuna merupakan hidangan sate yang terbuat dari potongan daging ikan tuna segar yang ditusuk dan dipanggang dengan bumbu khas NTT. Hidangan khas NTT ini sering disajikan dengan saus kacang yang gurih.

5. Se'i Sapi

Se'i sapi adalah hidangan daging sapi khas NTT yang diawetkan dengan cara diasap. Pembuatannya yang tergolong sederhana membuat hidangan ini sering disajikan di berbagai acara.

Caranya, daging sapi dipotong tipis, diasap dengan asap kayu hingga kering, dan kemudian disajikan dengan nasi atau singkong.

Tak hanya itu, rasanya yang gurih dan asap memberikan aroma yang khas pada hidangan ini.

6. Manado Grilled Fish

Manado Grilled Fish merupakan hidangan ikan bakar khas NTT yang menggunakan bumbu rica-rica Manado yang pedas. Ikan dipanggang hingga kecokelatan dan dilumuri bumbu rica-rica sebelum disajikan. Hidangan ini adalah perpaduan unik antara cita rasa NTT dan Manado.

7. Lalapan Daun Pepaya

Bagi Anda pecinta lalapan, lalapan daun pepaya adalah salah satu makanan khas NTT yang wajib Anda coba. Hidangan ini terdiri dari daun pepaya yang direbus dan disajikan dengan sambal. Lalapan ini biasanya disantap sebagai pelengkap hidangan utama.

8. Jagung Bakar

Jagung bakar merupakan makanan ringan yang populer di NTT. Jagung manis dipanggang di atas bara api dan kemudian diolesi dengan mentega dan garam. Jagung bakar menjadi camilan yang lezat dan nikmat saat menjelajahi daerah ini.

9. Sambal Tumpang

Sambal tumpang adalah sambal khas NTT yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Sambal ini sangat pedas dan biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan utama.

10. Es Buah Khas NTT

Tak hanya makanan, NTT juga memiliki minuman khas yang wajib Anda coba, yaitu es buah. Es buah khas NTT adalah hidangan penutup yang segar dan menyegarkan.

Hidanan ini terdiri dari berbagai buah tropis seperti nangka, jambu biji, kelapa muda, dan papaya yang disajikan dengan es serut dan sirup manis.

Itulah 10 makanan khas NTT yang wajib dicoba saat berkunjung ke provinsi ini. Setiap hidangan memiliki cita rasa unik yang mencerminkan kekayaan budaya dan alam Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda pecinta kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan makanan tradisional NTT saat Anda berada di sana. Selamat menjelajahi dunia kuliner NTT yang kaya dan lezat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Makanan Terkenal di Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

15 Makanan Khas Sumatra Utara yang Menggugah Selera