10 Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Memikat Selera

Pulau Bali atau yang sering dijuluki sebagai Pulau Dewata adalah salah satu destinasi wisata terkenal di dunia.

Selain keindahan alamnya yang memukau, Bali juga menawarkan sejumlah kuliner khas yang tak kalah memikat. Pulau ini menyajikan warisan budaya Hindu yang kuat yang tercermin dalam makanan dan minumannya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 rekomendasi makanan khas Bali yang wajib Anda coba saat berkunjung ke pulau ini.

1. Nasi Campur

Nasi Campur adalah hidangan nasi khas Bali yang disajikan dengan beragam lauk. Lauk ini meliputi ayam betutu, sate lilit, jeroan, sayur urap, dan telur dadar. Hidangan ini menggabungkan berbagai cita rasa dan tekstur, menciptakan sensasi yang memanjakan selera.

2. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan rempah-rempah dan dibungkus daun pisang sebelum dipanggang dalam waktu yang lama. Ayam Betutu memiliki rasa pedas dan gurih yang unik.

3. Bebek Betutu

Bebek Betutu adalah versi lain dari hidangan Betutu, menggunakan bebek sebagai bahan utama. Bebek ini diisi dengan campuran rempah dan kemudian dipanggang hingga empuk. Bebek Betutu memiliki rasa yang lebih lembut dan berbeda dari Ayam Betutu.

4. Lawar

Lawar adalah hidangan salad Bali yang terbuat dari sayuran seperti kacang panjang, kelapa parut, dan daging cincang yang disajikan dengan saus kacang. Hidangan ini sering dihidangkan bersamaan dengan nasi.

5. Sate Lilit

Sate Lilit adalah sate khas Bali yang terbuat dari daging ikan atau daging ayam yang dicampur dengan kelapa parut, jeruk limo, dan rempah-rempah. Campuran ini lalu dibungkus pada bambu dan dipanggang, menciptakan cita rasa yang khas dan segar.

6. Ikan Pepes

Ikan Pepes adalah hidangan ikan yang dibumbui dengan rempah dan bumbu, lalu dibungkus dalam daun pisang sebelum dipanggang. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan segar yang membuatnya sangat lezat.

7. Mie Goreng

Meskipun bukan hidangan asli Bali, Mie Goreng adalah hidangan yang umum ditemui di pulau ini. Mie ini digoreng dengan bumbu dan biasanya disajikan dengan telur, sayuran, dan daging ayam atau udang.

8. Rendang Bali

Rendang adalah hidangan yang awalnya berasal dari Sumatra Barat, tetapi versi Bali memiliki cita rasa yang unik. Daging (biasanya sapi) dimasak dalam santan dan bumbu rempah hingga menjadi sangat empuk dan beraroma.

9. Dadar Gulung

Dadar Gulung adalah makanan penutup khas Bali yang terbuat dari adonan kelapa parut dan gula merah yang diisi dengan pisang. Hidangan ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan lezat.

10. Klepon

Klepon adalah jajanan tradisional Bali yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah cair dan kemudian dibalut dengan kelapa parut. Hidangan ini biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan atau makanan penutup.

Nah, itulah beberapa makanan khas Bali yang wajib Anda cicipi bila berkunjung ke pulau ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Makanan Terkenal di Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

15 Makanan Khas Sumatra Utara yang Menggugah Selera