8 Makanan Khas Surabaya yang Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan khas Surabaya bisa dinikmati kapan saja, baik siang maupun malam. Kota terbesar kedua di Indonesia ini menawarkan beragam hidangan lezat dengan bumbu yang unik, memanjakan lidah para pelancong kuliner.

Berpandai-pandailah menyesuaikan pilihan makanan dengan selera Anda, karena di Surabaya, Anda akan menemukan hidangan khas yang memukau yang tak tertandingi. Keindahan kuliner Surabaya juga datang dengan harga yang sangat terjangkau.

Makanan khas Surabaya memikat dengan citarasa yang tak terlupakan, yang patut dicicipi saat Anda mengunjungi kota ini. Ragam hidangan seperti rawon, rujak cingur, hingga sate khas Surabaya sudah menjadi ikon bagi para pencinta kuliner.

Anda dapat merasakan berbagai varian kuliner dengan cita rasa yang beragam, mulai dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai dengan selera Anda di Kota Pahlawan ini.

Di bawah ini, kami telah menyiapkan rekomendasi makanan khas Surabaya yang patut dicicipi saat Anda berkunjung ke Kota Pahlawan. Mari kita simak ulasannya!

1. Nasi Babat Pegirian

Bagi para penggemar jeroan sapi, Nasi Babat Pegirian adalah pilihan yang tepat. Tempat ini buka mulai pukul 17.00 WIB.

Makanan khas Surabaya ini menghidangkan babat dan paru sapi yang digoreng dengan cita rasa yang khas.

Yang membuatnya istimewa, hidangan nasi babat paru goreng ini disajikan dengan nasi jagung yang gurih. Dan yang lebih menarik, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk satu piring nasi babat paru goreng. Langsung saja kunjungi Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir.

2. Rawon Setan

Rawon adalah hidangan khas Surabaya yang wajib dicoba ketika Anda berada di kota Pahlawan.

Rawon Setan Mbak Endang yang terletak di Jalan Embong Malang, Surabaya adalah depot rawon setan asli dan tertua di Indonesia.

Namanya "rawon setan" karena warung ini hanya buka pada malam hari. Potongan daging rawon di sini cukup besar dan lembut.

Kuahnya memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera. Terletak di pusat kota, menjadikan warung rawon setan ini selalu ramai pengunjung.

3. Lontong Balap

Selain Rawon dan Rujak Cingur, Lontong Balap juga termasuk makanan khas Surabaya yang sudah sangat terkenal dengan cita rasa yang lezat.

Nama "Lontong Balap" diberikan karena pada awalnya, para pedagang berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan, seperti sedang berlomba.

Lontong Balap Surabaya telah ada sejak tahun 1956 dan berasal dari daerah Kutisari dan Kendangsari, dekat Pasar Wonokromo.

Resep Lontong Balap tidak pernah berubah selama bertahun-tahun, dengan menggunakan lontong, tauge, lentho, tahu, kecap, bawang goreng, dan sambal petis.

Keunikan Lontong Balap ini adalah jumlah tauge yang melimpah dan Lentho atau perkedel singkong tolo yang menjadi isian.

4. Bebek Sinjay Surabaya

Jika Anda menyukai hidangan bebek, jangan lewatkan Bebek Sinjay, hidangan lezat dari Surabaya.

Awalnya, Bebek Sinjay berasal dari warung sederhana di pinggiran Kota Bangkalan, Madura. Namun, rasa lezatnya membuat Bebek Sinjay cepat dikenal di daerah lain, termasuk Surabaya.

Rahasia kelezatan Bebek Sinjay terletak pada bumbu khasnya yang meresap dengan sempurna, serta sambal mangga muda yang menggugah selera.

Bumbu yang meresap ke daging bebek membuatnya lembut dan nikmat saat dicocol dengan sambal mangga muda. Perpaduan rasa asam, pedas, dan gurih begitu memikat, terutama saat disantap dengan nasi hangat.

5. Lontong Mie

Lontong Mie adalah perpaduan irisan lontong, tahu goreng, mie kuning, lento, sayur kecambah, yang disiram dengan bumbu petis.

Rasa otentik dan lezatnya masih menjadi favorit para pecinta kuliner saat berada di Surabaya.

Salah satu tempat terkenal yang menyajikan Lontong Mie di Surabaya adalah Lontong Mie Peneleh, yang berlokasi di Jalan Peneleh No. 76, Genteng.

6. Sate Klopo

Sate Klopo adalah salah satu makanan khas Surabaya yang dapat Anda temui di Jalan Walikota Mustajab, yang dulunya dikenal sebagai Jalan Ondomohen.

Maka jangan heran jika sepanjang jalan ini terdapat beberapa kedai yang menawarkan menu Sate Klopo.

Sate Klopo terbuat dari daging yang dilumuri parutan kelapa dan bumbu sebelum dibakar. Inilah yang membuat sate ini begitu gurih dan lezat.

7. Pecel Semanggi Suroboyo

Makanan khas Surabaya ini menghidangkan semanggi kukusan, sejenis tanaman paku, yang kemudian dicampur dengan daun papaya dan tauge, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang gurih, manis, dan sedikit pedas.

Anda dapat menemukan Pecel Semanggi di sekitar kawasan Masjid Al Akbar dan di Taman Bungkul. Biasanya, ibu-ibu menjajakan Pecel Semanggi di pinggir jalan mulai dari pagi hingga sore.

8. Rujak Cingur

Makanan istimewa dari Surabaya yang patut dicicipi adalah Rujak Cingur. Bagi para pecinta rujak, pengalaman kuliner yang satu ini wajib dimasukkan dalam daftar Anda.

Rujak Cingur memiliki dua variasi, yaitu Rujak Cingur Matengan, yang seluruh komponennya dimasak, dan Rujak Cingur Campur Buah.

Rujak Cingur Matengan melibatkan lontong, tauge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng, dan cingur.

Sementara itu, dalam Rujak Cingur Campur Buah, Anda akan menemukan tambahan buah-buahan seperti nanas, mangga muda, bengkuang, dan mentimun.

Makanan khas Surabaya yang satu ini sangat terkenal dan lezat. Harganya juga terjangkau, rata-rata hanya sekitar Rp. 20.000,00 per porsi.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Surabaya yang lezat dan legendaris yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sini. Selamat berlibur!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Makanan Terkenal di Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

15 Makanan Khas Sumatra Utara yang Menggugah Selera