Ayam Cincane, Kuliner Olahan Ayam Khas Kalimantan Timur, Lengkap dengan Resep

Kuliner enak di Samarinda, Kalimantan Timur, tidak hanya terbatas pada nasi kuning dan nasi bekepor. Selain itu, terdapat hidangan ayam yang disukai oleh penduduk setempat, yang dikenal dengan nama ayam cincane

Ayam cincane merupakan ayam kampung yang dipersiapkan dengan mencelupkan dalam campuran rempah-rempah, lalu dipanggang sampai matang. Penampilannya menarik karena warna daging ayam yang merah akibat rempah yang digunakan. Rasanya begitu lezat, dengan cita rasa gurih yang meresap hingga ke dalam daging ayam.

Pada hidangan ini, digunakan ayam kampung yang dianggap lebih nikmat dibandingkan dengan ayam negeri oleh penduduk Samarinda.

Untuk bumbu dapurnya, mereka menggunakan santan, asam jawa, jeruk nipis, bawang merah, cabai, kemiri, jahe, lengkuas, daun salam, serai, terasi bakar, dan kecap manis. Semua bumbu tersebut ditumis hingga harum dan diungkep bersama ayam dalam waktu yang cukup lama untuk memastikan daging ayam menjadi lembut.

Proses memasak belum selesai. Sebelum disajikan, ayam harus dipanggang di atas arang.

Untuk menikmatinya, sajikan dengan sepiring nasi putih yang hangat dan sambal tomat. Pasti akan menambah kenikmatan dengan rasa gurih dan sedikit pedasnya.

Menjadi Kuliner Andalan

Di masa lampau, hidangan ayam cincane sering menjadi menu utama dalam upacara adat, perayaan besar, serta acara penting seperti menyambut tamu terhormat di Samarinda.

Tidak hanya itu, ayam cincane juga sering disuguhkan dalam berbagai acara keagamaan, seperti saat ada kelahiran atau pernikahan di kalangan keluarga.

Namun, seiring berjalannya waktu, kebiasaan tersebut mulai terlupakan. Sekarang, ayam cincane lebih sering disantap dalam situasi lapar, tidak lagi terkait dengan acara-acara khusus.

Meski begitu, keluarga di Samarinda masih senang memasak hidangan itu. Bahkan para wisatawan tidak kesulitan menemukannya karena tersedia di rumah makan di sekitar kota.

Resep Ayam Cincane

Bahan:

1 ekor ayam kampung, potong 4 bagian

2 lembar daun salam

3 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan

3 cm jahe, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

2 sdm gula merah, iris tipis

1 sdt garam

500 ml santan

3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus: 

8 butir bawang merah

6 siung bawang putih

12 buah cabai merah

1 sdt terasi

1 sdt garam

Cara membuat ayam cincane

1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam dan serai, masak hingga bumbu matang.

2. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk, masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan jahe, lengkuas, gula merah, dan garam, aduk-aduk.

3. Tuangi santan, aduk perlahan, masak hingga santan habis atau mengering.

4. Panggang ayam di atas bara hingga matang kecokelatan. Bisa juga dipanggang di oven dengan suhu 180 derajat celsius selama 35 menit. Angkat dan sajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Makanan Terkenal di Asia Tenggara yang Wajib Dicoba

12 Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba

15 Makanan Khas Sumatra Utara yang Menggugah Selera